SteelSeries Arctis 5 VS Hyperx Cloud Alpha S

Artikel ini ditujukan untuk kalian yang bingung menentukan pilihan antara SteelSeries Arctis 5 dan HyperX Cloud Alpha S. Keduanya sama-sama headset live streaming game best seller yang laris manis di marketplace. Penasaran siapa pemenangnya? Yuk langsung saja kita battle-kan keduanya.

1.     Packaging

Dari segi packaging, SteelSeries Arctis 5 sangat wow tampilannya, colorful dan kontras sedangkan packaging Hyperx sederhana saja. Tetapi, ketika dibuka box-nya, HyperX Cloud Alpha S langsung terlihat lebih terkesan mewah.

2.     Kelengkapan Isi

Hampir sama, kelengkapan isi dari box-nya yaitu dapat headset itu sendiri, game controller, kabel yang menghubungkan ke headset, kabel jack 3.5 mm untuk menghubungkan ke smartphone, kartu garansi, dan buku manual.

3.     Build Quality, Desain, dan Material

Untuk build quality, Hyperx terkesan lebih premium karena di bagian headband sudah dilapisi dengan kulit dan jahitan stitching yang keren serta di bagian ear cups sudah menggunakan rangka besi, ear cups nya sendiri berbahan kulit. Bahan kulit memang lebih terlihat mewah.

Desain Steelseries sebaliknya justru terlihat biasa saja, headband-nya menggunakan tipe karet yang tidak semua kepala bisa cocok dan build quality-nya kurang karena materialnya masih full plastik. Ketika dipegang juga terkesan biasa saja dibandingkan Hyperx.

Desain Hyperx bisa dibilang lebih agresif dan desain Steelseries lebih kalem. Pada Steelseries dilengkapi lampu RGB yang sudah bisa diatur di software Steelseries.

Pada ear cups nya Steelseries sudah ada tombol mute, menaik-turunkan volume, dan disediakan lubang kabel jack.

Overall, build quality Hyperx lebih baik karena bahannya lebih kokoh, lebih premium, meskipun Steelseries juga punya kelebihan ear cups nya sudah bisa swivel atau mengikuti kontur kepala penggunanya dan sudah RGB juga.

Ketika digunakan juga Hyperx lebih nyaman karena bandananya cocok untuk semua jenis kepala, dimana Steelseries kurang cocok untuk ukuran kepala yang lebih besar.

4.     Mic

Mic Steelseries bisa disembunyikan ke dalam headset-nya. Sehingga ketika tidak dipakai bisa langsung didorong masuk saja. Berbeda dengan Hyperx yang harus dilepas ketika tidak digunakan.

5.     Karakter Suara

Untuk karakter suara Steelseries, suara high nya lebih keluar dan bass nya cenderung kurang. Dari segi sound stage sudah cukup luas bahkan lebih luas dibandingkan Hyperx.

Karakter suara Hyperx lebih nge-bass dibandingkan Steelseries, bagian high dan mid nya juga sudah cukup. Sound stage nya sudah luas, tetapi masih kalah sedikit dibandingkan Steelseries. Untuk kekedapan suara juga hyperx yang lebih unggul.

6.     Main Game FPS

Percobaan memainkan game fps, terasa bahwa menggunakan headset Steelseries lebih terasa nyaman dan oke. Terutama karena suara stage-nya lebih luas dibandingkan hyperx.

Hyperx bukan berarti jelek ya dari segi 7.1 surround-nya, tetapi hanya lebih kecil sedikit dibandingkan Steelseries. Jadi untuk game fps jelas Steelseries lebih unggul.

7.     Main Game Selain FPS

Jika memainkan game selain fps, Hyperx masih lebih unggul karena suaranya lebih nge-bass.

8.     Kesimpulan

Jika tujuan kalian membeli headset murni hanya untuk main game fps, boleh menggunakan Steelseries karena sangat mendukung untuk main game dengan surrounding yang lebih baik. Tetapi, jika kalian membeli headset untuk multi-tasking, dimana selain main game fps juga main game lain, lalu juga dipakai nonton, mendengarkan musik, bahkan editing video, maka lebih disarankan untuk menggunakan Hyperx yang suara audio-nya tidak terlalu fokus ke suara high saja tetapi masih cukup mengeluarkan suara bass-nya juga.