Beli Mobil Secara Kredit Hanya Modal Gaji UMR? Bisa Kok! Ini Dia 4 Solusinya!

Saat ini harga jual mobil sangat beragam di pasaran. Mulai dari yang harganya Rp 100 juta  hingga di atas Rp 1 miliaran pun ada. Tentunya bagi orang-orang yang memiliki gaji pas-pasan sebatas UMR pun menganggap harga jual mobil ini cukup mahal.

Apalagi bagi orang-orang yang tinggal di kota-kota besar yang ingin membeli mobil. Hal tersebut pasti cukup membingungkan dan membuat mereka berpikir ulang jika ingin membeli mobil hanya bermodalkan gaji UMR saja.

Jangan Khawatir Ini Dia 4 Tips Membeli Mobil Secara Kredit Dengan Modal Gaji UMR

Apakah Anda salah satu orang yang menginginkan mobil hanya dengan modal gaji UMR? Jangan salah ya! Meskipun hanya mempunyai modal gaji UMR saja tentunya Anda masih mempunyai kesempatan untuk membeli sebuah mobil dengan cara kredit. Ini dia tipsnya.

1. Siapkan Uang DP Pembelian Mobil

Tips pertama yang harus Anda lakukan terlebih dahulu sebelum mengajukan kredit mobil tak lain adalah dengan menyiapkan uang muka atau lebih sering disebut dengan istilah uang DP. Dimana uang tersebut wajib dibayarkan pada awal pembelian mobil nantinya.

Umumnya, DP yang harus Anda bayarkan kurang lebih sebesar 25% sampai dengan 40% dari harga jual asli mobil yang diinginkan. Maka dari itu, jika benar-benar ingin membeli mobil sebaiknya menabung dulu secara konsisten ya agar bisa untuk membayar DP nantinya.

2. Ambil Tenor Panjang

Agar cicilan kredit mobil Anda ringan nantinya, maka Anda harus mengambil tenor panjang. Namun satu hal yang perlu Anda garis bawahi terlebih dahulu yaitu jika memutuskan untuk mengambil tenor panjang maka ada konsekuensi yang perlu Anda tanggung.

Hal tersebut tak lain adalah suku bunga yang tinggi dan juga bunga yang dibayarkan bisa sampai membengkak. Untuk mengatasi masalah tersebut maka Anda bisa mengambil masa tenor empat maupun lima tahun.

3. Siapkan Budget Perawatan

Tidak hanya uang DP mobil saja yang perlu diperhatikan, Anda perlu juga menyiapkan budget perawatan ketika ingin membeli mobil. Mengingat mobil mempunyai biaya perawatan yang tidak sedikit.

Perawatannya sendiri juga tidak sembarangan. Dimana Anda harus membawanya ke bengkel minimal 2 bulan sekali atau dalam jangka waktu yang berkala.

Meskipun cicilan mobil Anda terlihat murah, tetapi biaya perawatan suku cadang dan onderdil lainnya sendiri cukup mahal.

4. Siapkan Budget Administrasi, Pajak, dan Asuransi Mobil

Tidak hanya dipusingkan dengan masalah biaya  perawatan mobil saja. Melainkan Anda mau tidak mau juga harus siap menghadapi segala macam biaya administrasi yang ditangguhkan sejak awal pembelian mobil.

Tentunya tidak hanya biaya administrasi saja yang perlu Anda tanggung. Tetapi Anda juga harus siap berhadapan dengan segala macam pajak dan asuransi mobil Anda sendiri. Itu semua dilakukan tak lain agar mobil Anda terlindungi dari berbagai macam risiko.

Biasanya semua biaya tersebut secara otomatis akan ditambahkan ke jumlah DP murni yang dibayarkan di awal tadi. Dengan kata lain, DP yang tadinya dianggap lebih murah, bisa jadi malah membengkak karena adanya biaya tambahan yang dibebankan selanjutnya.

Dengan begitu, jangan sampai Anda mudah tertipu dengan segala macam iming-iming maupun janji manis yang dilontarkan oleh jasa pembelian mobil yang abal-abal ya! Sebab, mungkin saja total biaya yang harus dibayarkan malah lebih mahal.

Bagaimana? Apakah Anda sudah siap untuk mewujudkannya? Jika sudah, yuk beli mobil impian Anda di platform jual beli mobil baru terpercaya dan juga berkualitas, yang tak lain adalah SEVA. Dapatkan juga tawaran harga yang menarik sesuai kebutuhan Anda ya!